Rohis Nurul Fata SMKN 1 Cianjur


Perkemahan Rohis Nasional Siswa SMA/SMK Tingkat III Belitung, 05-10 November 2018

November 22, 2018 Nurul Fatta 0 Comments



Suatu kebanggaan bagi kami khususnya SMK NEGERI 1 CIANJUR ketika terpilih menjadi perwakilan dari Jawa Barat untuk mengikuti suatu kegiatan yang diadakan oleh Kemenag RI yaitu Perkemahan Rohis Nasional Ke-III yang diselenggarakan di Bangka Belitung 05-10 November 2018 kemarin. Perkemahan Rohis tersebut diikuti oleh perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia yang berjumlah kurang lebih 1300 orang. Maka tidak heran, jika kegiatan tersebut berlangsung secara meriah.

Alhamdulillah Rohis Nurul Fatta ini mengirimkan 2 orang perwakilannya untuk mengikuti kegiatan tersebut yaitu Ridwan Nur Hasan dari XI TKJ 1 dan Salsabila Nur Fitriani dari XI OTKP 1.



 Tetapi kami dari Cianjur hanya mengirimkan 10 orang perwakilan peserta dan 1 orang pendamping.



Pada hari ke-1 yaitu tanggal 5 diadakan registrasi peserta Kemrohisnas. Namun pada hari tersebut kami baru melakukan registrasi ba'da ashar dikarenakan Kontingen Jawa Barat baru tiba di Buper. Dan pada hari ke-2 diadakan Upacara Pembukaan. Acara Pembukaan Perkemahan Rohis ini sangat meriah, banyak kejutan terdapat didalamnya. Banyak pengisi acara tersebut yang tak terduga oleh kami. Seperti diantaranya Menteri Agama RI yaitu Bapak Lukman Hakim yang memberikan pidatonya, persembahan dari para peserta Kemrohisnas, dan bintang tamu yang tak kalah populer yaitu Rizky Ridho si kembar yang membawakan beberapa lagu religi menambah kemeriahan acara Pembukaan ini.



Dihari berikutnya ketika disana itu kita dibekali berbagai materi oleh para pemateri dengan sangat ceria. Kita belajar berbagai macam metode pembelajaran, seperti menggunakan metode konseptual text, problem solving dan masih banyak lagi. Jadi kita itu dibuat sebuah kelompok lagi untuk memecahkan suatu masalah kemudian kita diberikan waktu untuk berdiskusi, lalu mempresentasikan hasil diskusi tersebut kepada teman-teman yang lain.


Tidak hanya itu dihari ke-4 pun kita melaksanakan puncak kegiatan Kemrohisnas ini yaitu dengan melakukan Simulasi Manasik Haji. Meskipun ini hanya sekedar simulasi, tetapi disini kami diberikan arahan untuk mempersiapkan keadaan seperti apa yang akan kita hadapi ketika akan melaksanakan ibadah haji. Mulai dari berniat ihram, melewati bukit Arafah, melempar jumroh, Thowaf, Sa'i dari Shofa ke Marwa dan tahallul. Cuaca pun sangat mendukung ketika itu, kondisi yang terang benderang dan panas terik pun seperti menambah kesan bahwa kita itu seperti sedang di Makkah sungguhan, Subhanallah.


Nah menuju penghujung acara, di hari ke-5 itu diadakan Upacara Penutupan, tetapi sebelum itu kita diberikan waktu seharian untuk pergi berwisata ke 2 tempat yang menjadi Ikon Provinsi Belitung yaitu Belitung Mangrove Park dan Tanjung Tinggi, dimana di Tanjung Tinggi tersebut adalah sebuah tempat lokasi Syuting Film ternama yaitu Laskar Pelangi karya Andrea Hi

Pada saat pembagian gelombang kepergian, kontingen Jawa Barat mendapatkan bagian untuk berangkat ke Belitung Mangrove Park terlebih dahulu. Lokasi Mangrove Park tersebut tidak jauh dari tempat Perkemahan kita. Disana terdapat banyak pohon bakau dan ada sebuah pantai berpasir putih yang sangat indah. Sejauh mata memandang terhampar pasir putih yang sangat bersih, dan ketika kita melihat ke arah laut ada sebuah penampakan pulau yang sangat indah pula ditambah cuaca yang sangat mendukung angin pun bertiup dengan lembut dan deburan ombak pun terlihat sangat tenang.




Kita berada di Mangrove Park itu sampai dzuhur, lalu setelah dzuhur kita pergi ke lokasi ke-2 yaitu Tanjung Tinggi. Lokasi dari Mangrove Park menuju Tanjung Tinggi itu lumayan agak jauh dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Dalam perjalanan ternyata cuaca mulai tak bersahabat, hujanpun mulai turun membasahi Tanah Laskar Pelangi. Tapi tak apa, semangat kami masih membara untuk dapat menikmati keindahan ciptaan Tuhan ini. Ketika sudah sampai di Tanjung Tinggi, betapa kami bersyukur dan excited karena ternyata Pantai Tanjung Tinggi ini begitu Indah dengan dihiasi batu-batu besar yang bertebaran dimana-mana seolah sudah Tuhan takdirkan untuk menempel di Bumi Laskar Pelangi ini.



Sungguh ketika disana itu kita sangat bersenang-senang dengan keadaan. Ketika selama 4 hari kita diberikan materi, maka dihari ke-5 ini kita diberikan kebebasan untuk melepaskan penat.
Pada saat malam hari diadakan Upacara Penutupan. Tapi lebih tepatnya kami sebut sebagai Konser Penutupan Perkemahan Rohis Nasional. Karena apa? Karena di penutupan tersebut terlihat seperti sebuah konser yang sangaaattt meriah. Dengan cuaca yang mendukung dan lightning yang baik, acara penutupan tersebut berjalan dengan lancar. Banyak persembahan dari peserta yang menampilkan kebudayaan di setiap daerahnya masing-masing. Seperti ada penampilan tarian dari Aceh, nasyid dari Sumatera Selatan, Drama Musikal dari Bali sampai penampilan qosidah dari Papua.

Nah dibawah ini ada sebuah cuplikan singkat penampilan nasyid acapella yang dibawakan oleh perwakilan dari Sumatera Selatan. Selamat menikmati😊


Itu dia penampilan perwakilan dari Sumatera Selatan, dan sebenarnya masih banyak lagi penampilan peserta dari berbagai provinsi yang tak kalah hebat dan meriahnya.

Banyak pelajaran dan pengalaman yang kami dapatkan selama berada disana. Jujur, kami bersyukur dan takjub ketika banyak remaja diluar sana yang kurang perduli terhadap kebudayaan dan jauh dari nilai keagamaan, dan ternyata masih ada remaja-remaja yang siap untuk membela dan mempertahankan agama dan negara nya dengan sepenuh hati. Ketika banyak orang meremehkan dan menganggap bahwa banyak teroris itu bermunculan atau lahir dari sebuah organisasi bernama rohis, maka disini kami ada untuk menentang pendapat tersebut. Kami akan tunjukkan pada dunia, bahwa dengan adanya rohis, akan tercipta sebuah perubahan. Karena kami adalah Agen Of Change. Karena kami adalah penebar manfaat. Karena kami adalah penengah dari setiap masalah. Karena rohis adalah Trouble Solver, bukan Trouble Maker.
Karena rohis adalah pemecah masalah bukan pembuat masalah.

Created by : @salsabilanf.3

0 comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();