Rohis Nurul Fata SMKN 1 Cianjur


GENCATAN SENJATA ISRAEL-PALESTINA

November 18, 2018 Nurul Fatta 0 Comments

Pada selasa(15/7) Israel menerima proposal perdamaian Mesir untuk segera melakukan Genjatan senjata dengan Palestina setelah kurang lebih satu pekan menghadapi kekerasan paling mematikan yang terjadi selama beberapa tahun terakhir.

Kairo mengusulkan sebuah gencatan senjata yang akan mulai berlaku pk. 06.00 GMT, dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumpulkan para menteri bidang keamanan untuk mempertimbangkan tawaran, yang mendapat dukungan dari Washington.
Namun kelompok Islamis Hamas, yang para militannya menembakkan ratusan roket ke arah Israel pekan lalu, mengesampingkan usul untuk mengakhiri pertempuran tanpa sebuah perjanjian lengkap, seiring meningkatnya jumlah korban jiwa di Gaza pada hari ketujuh konflik ini naik menjadi 188 jiwa.
Usul Kairo muncul setelah Washington menentang rencana serangan darat Israel dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry tiba di ibukota Mesir untuk melakukan upaya diplomatik mengakhiri pertumpahan darah.
Presiden AS Barack Obama menyambut baik inisiatif Mesir, menggambarkan jatuhnya korban sipil di Palestina sebagai sebuah ”tragedi” sambil mengekspresikan dukungannya pada hak Israel untuk membela diri melawan serangan roket.
Sayap militan Brigade Ezzedine al-Qassam, menolak proposal damai dan bertekad mengintensifkan serangan ke Israel.
Hamas menyatakan tidak akan menyepakati gencatan senjata jika Israel tidak memenuhi daftar tuntutan mereka, termasuk diakhirinya blokade selama delapan tahun atas Gaza, bersamaan dengan pembukaan Rafah yang berbatasan dengan Mesir.
Presiden Palestina Mahmud Abbas menyambut baik inisiatif Mesir, demikian pula dengan Liga Arab, yang menyerukan ”semua pihak” untuk menerima gencatan senjata.

0 comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();