Rohis Nurul Fata SMKN 1 Cianjur


HUKUM NUN MATI DAN TANWIN

November 22, 2018 ichsan 0 Comments


Assalamualaikum teman teman sekalian, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita selalu dalam perlindungan dari Allah SWT.

Nah, kali ini saya akan menerangkan tentang tajwid yaitu tentang hukum nun mati dan juga tanwin. Ada 4 hukum dalam nun mati dan tanwin yaitu Idzhar, Idgham, Iqlab, dan Ikhfa. Jadi kita langsung saja pada pembahasan masing masing hukum tersebut.



  • Idzhar

Idzhar atau yang berarti jelas yaitu apabila terdapat nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf idzhar, maka nun mati dan tanwin tersebut dibaca jelas nun mati dan tanwinnya. Idzhar memiliki 6 huruf yaitu  ح,خ,ع,غ,أ,ھ  nah apabila teman teman mendapati huruf tersebut sesudan nun mati ataupun tanwin maka itu hukumnya idzhar dan dibaca jelas. Berikut merupakan contoh idzhar dalam Al-Qur'an :
 َجَنَّاتٍ أَلْفَافًا          مَنْ آمَن



  • Idghom

Idgham yang berarti memasukan, maksudnya gimana? Jadi maksudnya apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf idgham maka saat dibaca nun mati atau tanwin tersebut masuk ke huruf idgham yang ada di depannya. Idgham juga memiliki 6 huruf yaitu (huruf hijaiyah). Dan juga idgham dalam hukum nun mati dan tanwin terbagi menjadi 2 bagian yang pertama idgham bigunnah (dibaca dengan memakai gunnah)hurufnya ada 4 yaitu  mim (م), nun (ن) wau (و), dan ya' (ي), dan juga idgham bilagunnah (dibaca tidak memakai gunnah) hurufnya yaitura' (ر) dan lam (ل). Berikut adalah beberapa contoh idgham yang terdapat dalam Al-Qur'an :
قِنْوَانٌ   dan    دُنْيَا

   َمَنْ يَقُوْلُ             بَرْقٌ يَجْعَلُوْن

َوَلَكِنْ لاَ يَشْعُرُوْنَ               هُدًى لِلْمُتَّقِيْن

terdapat pengecualian apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf idgham tetapi ditemukan dalam satu kata maka dibaca jelas seperti idzhar contohnya :

بُنْيَانٌ, اَدُّنْيَا, قِنْوَانٌ, dan صِنْوَانٌ,

  • Ikhfa

Ikhfa memiliki arti samar yaitu menyamarkan suara nun mati atau tanwin saat bertemu dengan huruf ikhfa dibaca samar samar antara idzhar dan idgham. Ikhfa memiliki 15 huruf yaitu ta'(ت), tsa' (ث), jim (ج), dal (د), żal (ذ), zai (ز), sin (س), syin (ش), sad (ص), dad (ض), tha (ط), zha (ظ), fa' (ﻑ), qaf (ق), dan kaf (ك)  dan dari 15 huruf tersebut dibagi kembali menjadi 3 ikhfa yaitu ikhfa ab'ad ك، ق  , ikhfa ausath جث ،ذ،ز س،ش،ص،ض، ظ،ف  , dan ikhfa aqrab ت،ط، د . Dibawah ini merupakan contoh ikhfa yang terdapat dalam Al-Qur'an :

  يَنْصُرْكُمْ              رِيْحًا صَرْصَرَا


  • Iqlab

Yang terakhir adalah iqlab yaitu apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf iqlab yaitu ba' (ب), maka nun mati dan tanwin tersebut dibaca dengan mim atau apabila kalian masi bingun dalam Al-Qur'an terdapat tanda yang menandakan bahwa kalimah itu memiliki hukum iqlab yaitu dengan ditandainya huruf mim kecil diatas kalimat tersebut atau ditengah - tengah antara huruf nun mati atau tanwin dengan huruf ba' (ب).
Berikut merupakan contoh iqlab yang terdapat dalam Al-Qur'an :

مِنْ بَعْد

Terimakasih
Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr wb

0 comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();