Rohis Nurul Fata SMKN 1 Cianjur


Apa itu Rohis?

November 24, 2018 Nurul Fatta 0 Comments





Rohis atau Rohani Islam adalah sebuah organisasi keagamaan yang menjadi Esktrakurikuler Pendidikan Agama Islam pada sekolah yang telah diakui secara sah oleh Pemerintah sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor Dj.I/12A Tahun 2009 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah.


Kenapa sih dibuat organisasi rohis? Nah disini ada beberapa faktor pendorong terbentuknya Rohis secara umum, diantaranya :


1. Remaja sangat perlu penanaman aqidah dan moralitas

Kenapa? Karena bila dilihat dari kondisi remaja masa kini, sungguh sangat miris. Kenapa dikatakan seperti itu? Karena kebanyakan remaja saat ini sudah mengenal pergaulan bebas, melakukan penyimpangan dan sudah melanggar batas wajar kodratnya sebagai remaja. Bagaimana Indonesia mau maju jika remaja-remaja nya saja malah banyak berbuat penyimpangan dan malah membuat kondisi Indonesia saat ini semakin memburuk. Maka dari itu dibentuklah rohis untuk dapat mengatasi hal-hal tersebut. Karena di dalam rohis kita sama-sama belajar untuk menjadi lebih baik, kita diberikan pemahaman aqidah untuk dapat memperkuat keimanan kita, dan di rohis juga kita dapat dipersiapkan untuk menjadi generasi penerus yang berkualitas dan membanggakan bangsa, bahasa, dan agama.


2. Besarnya populasi remaja dibanding usia lainnya

Benar bahwa menurut sensus penduduk saat ini, populasi remaja semakin membludak. Dan di Indonesia pun sudah diprediksi bahwa pada tahun 2020 akan terjadi Bonus Demografi dimana pada tahun tersebut terdapat banyak populasi produktif (usia 15-64 tahun) dibandingkan dengan usia non-produktif dan hal tersebut menjadi kesempatan emas bagi Indonesia agar dapat bersaing dengan dunia luar. Nah untuk mengendalikan populasi remaja tersebut agar menjadi remaja yang dapat membanggakan Indonesia, kita bentuklah organisasi rohis yang dapat membuat para remaja tersebut dapat berada di arus yang positif, di rohis kita belajar bagaimana berorganisasi yang baik dan benar dan akan menjadi bekal untuk kita dimasa depan nanti bilamana kita dihadapkan dengan persoalan tentang keorganisasian.


3. Remaja sebagai usia strategis pengganti kepemimpinan

Jelas dimasa depan nanti, para pemimpin saat ini akan digantikan oleh salah satu diantara kita para remaja. Di dalam rohis pun kita diberikan pelajaran tentang apa sih itu kepemimpinan? Bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik bagi para anggotanya? Dan sikap pemimpin yang seperti apa yang dapat menjadi teladan bagi para anggotanya.


Sungguh bila dikaji lebih dalam, banyak faktor-faktor pendorong terbentuknya organisasi rohis yang lainnya bila dikaitkan dengan keadaan remaja pada zaman sekarang ini. Tapi sebelumnya apakah anda tau, tujuan utama dibentuknya Rohis itu untuk apa sih?


Tujuan dibentuknya organisasi rohis yaitu untuk mewujudkan barisan remaja pelajar yang mendukung dan memelopori tegaknya nilai kebenaran, mampu menghadapi tantangan masa depan dan menjadi benteng pertahanan yang baik dalam pembangunan masyarakat islami. Seorang anggota rohis pun harus dapat berkontribusi dan terjun ke dalam masyarakat untuk dapat membantu permasalahan yang ada di dalamnya.


Adapun fungsi rohis secara umum, yaitu :


1. Pembinaan Syakhsiyah Islâmiyyah

Syakhsiyah Islâmiyyah berarti pribadi-pribadi yang Islami. Jadi Rohis di sekolah berfungsi membina para pelajar muslim agar menjadi pribadi-pribadi unggul, baik dalam kapasitas keilmuannya maupun keimanannya.


2. Pembentukan Jâmi’ah al- Muslimîn Pembentukan Jâmi’ah al- Muslimîn maksudnya adalah bahwa Rohis mempunyai peran sebagai base camp bagi para siswa-siswi muslim untuk menjadi muslim atau komunitas yang Islami. Dengan demikian mempermudah pembumian Islam di sekolah tersebut.


Kegiatan kita di rohis itu ngapain aja sih kak? Mau tau? Secara umum nya sih meliputi :

1. Dakwah Umum (‘Âmmah) adalah proses menyebarkan fikrah Islâmiyyah untuk menarik simpati dan dukungan dari lingkungan sekolah. Oleh karena itu, dakwah ini harus dikemas dalam bentuk kegiatan yang menarik sehingga dapat menarik obyek yang mengikutinya.

2. Dakwah Khusus (Khâssah) adalah proses pembinaan dalam rangka pembentukan kader-kader dakwah di sekolah. Dakwah khusus lebih bersifat selektif dan terbatas serta lebih berorientasi pada proses pengkaderan dan pembentukan karakter.


Nah mungkin cukup sekian pengetahuan dasar mengenai apa itu rohis, untuk lebih mengenal kegiatan-kegiatan rohis yang lainnya, nantikan postingan kami selanjutnyaa :)

0 comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();