Rohis Nurul Fata SMKN 1 Cianjur


Keutamaan Mati Syahid

November 24, 2018 Nurul Fatta 0 Comments


Keutamaan mati syahid ialah dijauhkan dari siksa kubur oleh Allah meski dia mempunyai banyak dosa, dan juga tidak dihisab oleh Allah SWT, kecuali jika dia masih ada urusan di dunia (utang piutang,dzolim terhadap orang lain) maka ia akan dihisab oleh Allah SWT

- Syahid dunia (diperlakukan seperti orang yang meninggal biasa seperti dimandikan dan di kafani ).
Syaratnya : tidak berbuat syirik dan selalu berhusnudzon kepada Allah SWT

Yang termasuk kedalam syahid dunia diantaranya :

1. Sakit Perut ( meninggal karena tidak kuat menahan sakit diperut).
2. Sakit kepala ( meninggal karena sakit kepala dari berbagai macam penyakit di kepala walaupun ia selalu ber istiqomah untuk segera sembuh dari penyakitnya).
3. Orang yang meninggal karena penyakit menular.
4. Orang tenggelam ( misalnya mati terperangkat di dalam kapal yang tenggelam di laut).
5. Orang yang mati tertimbun reruntuhan.
6. Orang yang meninggal karena melahirkan(atau meninggal dalam keadaan hamil dan menyusui).
7. Orang yang meninggal karena terbakar ( misalnya mati terperangkap di dalam rumah yang sedang kebakaran).
8. Orang yang pergi menuntut ilmu atau sedang menuntut ilmu.
9. Orang yang meninggal demi membela harga diri, harta,tanah, istri, anak dari orang dzolim.
10. Orang yang meninggal demi membela agamanya ( misalnya ada orang yang berusaha membuat seseorang murtad dari islam tetapi ia tetap teguh dan beriman kepada Allah SWT ).
11. Meninggal di hari jumat ( meninggal di hari jumat , jika mati karena direncanakan sama halnya dengan bunuh diri ).
Yang terakhir

Syahid didunia akhirat ( tidak boleh mandikan dan dikafani)

- Jihad (Bertempur di medan perang mempertahankan,membela agama dan memerangi kedzoliman orang kafir).

1. Dalam keadaan berperang
A.Dalam setiap keluarnya darah karena sabetan perang oleh orang kafir seluruh dosanya diampuni oleh allah.
B. Dari sabetan maut tersebut dilihatkan oleh Allah SWT bangunan istana yang maha megah dan maha besar, bahkan tertulis dihalaman istana tersebut nama pemilik istana orang yang mati syahid itu.
C. Tidak merasakan rasa sakit karena terhipnotis melihat surga(contohnya seperti kisah nabi Yusuf yang pada waktu itu nabi Yusuf disuruh oleh Zulaiha masuk kedalam ruangan yang penuh dengan wanita2 bangsawan yang sedang melucuti buah apel(acara jamuan makanan), pada saat yusuf masuk kedalam semua mata wanita bangsawan tertuju melihat ketampanan yusuf,karena takjub dan kagum sampai2 mereka tidak merasakan jari tangan mereka diiris iris sampai setelah yusuf keluar dari ruangan tersebut).
2. Orang yang mati syahid tidak akan ditanya oleh malaikat munkar dan nakir di alam kubur dan juga terhindar dari azab kubur.
3. Dihilangkan rasa cemas dan ketakutannya di padang mahsyar oleh Allah SWT.
4. Di beri tanda oleh Allah SWT berupa mahkota yang dikenakannya nanti di akhirat (bahkan setiap berlian yang ada di mahkota tersebut sangat mahal dan tidak ternilai harganya).
5. Diberi wewenang oleh Allah SWT untuk menolong 70 karib kerabat yang dekat dengannya (misalkan keluarganya, sahabat karibnya, atau orang yang dekat dengannya).
6. Dinikahkan oleh Allah SWT 72 bidadari surga yang cantik jelita(bagi laki2).

Namun dalam memberikan keutamaan mati syahid, Allah akan mempertimbangkan dahulu amalan apa saja yang telah diperbuat oleh seseorang sehingga dia pun berhak menerima keutamaan mati syahid tersebut. Tidak semata-mata bahwa yang mati syahid pasti menerima keutamaan tersebut melainkan dilihat dari amalannya selama masih didunia.

Semua ilmu yang saya bagikan rangkuman dari video ceramahnya ustad Zulkifli Muhammad Ali yang berjudul "Titian Neraka Jahannam" di youtube semoga bermanfaat :)

0 comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();