Rohis Nurul Fata SMKN 1 Cianjur


Mengenal tentang Suhuf

November 24, 2018 Nurul Fatta 0 Comments


Pengertian Kitab dan Suhuf.

Kitab adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada Rasul Allah untuk di sampaikan kepada umatnya sebagai petunjuk dan pedoman hidup. Sedangkan Suhuf adalah wahyu Allah yang diberikan kepada para Rasul-Nya yang berisikan pujian-pujian, zikir, nasehat-nasehat dan tidak wajib diajarkan kepada manusia. Allah berfirman dalam Al-Qur'an sebagai berikut:

 انَّ هَٰذَا لَفِي الصُّحُفِ الْأُولَىٰ . صُحُفِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَىٰ "Sesungguhnya ini terdapat  dalam kitab-kitab yang dahulu, yaitu kitab-kitab Ibrahim dan Musa." (QS. Al-A'la : 18-19)

Perbedaan antara Kitab dan Suhuf Allah.

Kitab dan Suhuf pada hakikatnya adalah sama, yaitu wahyu Allah yang diturunkan kepada Rasul pilihan-Nya. Namun ada beberapa perbedaannya yaitu:
a. Kitab, wahyu Allah diturunkan kepada para Rasul untuk diajarkan kepada manusia, sebagai petunjuk dan pedoman hidupnya. Sedangkan Suhuf, wahyu Allah yang diberikan kepada para Rasul maupun NabiNya dan tidak wajib diajarkan kepada manusia.
b. Isi kitab lebih lengkap dan sempurna daripada suhuf.
 c. Kitab dibukukan dalam satu kumpulan, tulisan atau hafalan yang menjadikan utuh sebagai satu kumpulan wahyu. Sedangkan Suhuf tidak dibukukan, sejak diturunkannya sehingga tercatat dalam bentuk lembaran-lembaran.
 d. Kitab ialah wahyu Allah yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi dan Rasul, yang jumlahnya sebanyak 4 buah yaitu Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur’an. Yang berisi tentang Akidah, Ibadah, syariah dan Muamalah. Sedangkan Suhuf adalah lembaran-lembaran wahyu Allah yang diturunkan kepada para Nabi, yang berisikan pujian-pujian, zikir dan nasihat-nasihat.

Jadi singkatnya, suhuf itu adalah sebuah wahyu-wahyu Allah yang berisi ajaran-ajaran dan tidak dibukukan seperti kitab, melainkan dalam bentuk lembaran dan hanya diterima oleh Rasul tertentu.

Jumlah Suhuf
Jumlah suhuf yang Allah turunkan kepada Nabi dan Rasul pilihannya berjumlah 100 suhuf, yang diantaranya diterima oleh :


Spesifikasi suhuf :

Media Penulisan
Lembaran kertas atau lembaran media tulis lainnya (seperti pelepah dan batu). Karena pada masa diturunkannya suhuf tersebut terbilang belum modern, maka para nabi dan rosul menuliskan suhuf tersebut ke dalam media yang tersedia yang mungkin bisa digunakan untuk menulis.

Penjelasan Isi
Kumpulan wahyu Allah SWT yang terdapat pada Suhuf hanya dijelaskan secara umum saja. Berbeda dengan kitab yang didalamnya terkandung berbagai ajaran dan hukum yang dijelaskan secara rinci dan mendetail, suhuf hanya menjelaskan hal-hal secara global saja.

Isi 
Suhuf berisi peraturan dan hanya dijelaskan secara umum

Alasan Diturunkan
Suhuf diturunkan tanpa disesuaikan dengan keadaan umat yang dihadapi nabi/ rosul penerima

Kewajiban Menyampaikan
Semua wahyu Allah SWT yang terdapat pada suhuf tidak wajib disampaikan kepada umat nabi/ rosul penerima suhuf

Wujud
Wujud dari suhuf yang berisi kumpulan wahyu Allah SWT berupa lembaran yang terpisah sehingga terlihat tipis

Kelengkapan
Suhuf kurang lengkap. Karena hanya terdapat beberapa lembaran dan didalamnya hanya terdapat penjelasan secara umum maka suhuf dirasa kurang lengkap dibandingkan dengan kitab-kitab Allah yang 4 itu.

Masa Berlaku
Suhuf berlaku untuk kurun waktu yang pendek alias menyesuaikan kondisi zaman dan waktu. Shuhuf juga diturunkan dari waktu ke waktu.





Created by : @salsabilanf.3

0 comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();